Frequently Asked and Questions (FAQ)

2January 2017
by PERMIRA RUSIA

PERSIAPAN KEBERANGKATAN :

 

DOKUMEN dan KEUANGAN

 

  1. Dokumen perjalanan apa saja yang musti disiapkan sebelum keberangkatan?

Visa, paspor dan tiket adalah Dokumen perjalanan utama yang harus anda siapkan. Usahakan dokumen tersebut disimpan dalam satu tempat yang gampang diambil dan aman (misalkan tas pinggang). Di setiap perjalanan mulai dari keberangkatan, transit dan kedatangan dokumen tersebut akan selalu dikeluarkan untuk diperiksa terutama di bagian imigrasi. JAGA SELALU.

 

  1. Dokumen lain apa lagi yang musti disiapkan sebelum keberangkatan ?

Dokumen pendidikan seperti: Ijazah dan transkrip nilai asli atau legalisir dalam bahasa  Rusia harus disiapkan untuk berjaga-jaga selama di Universitas apabila dibutuhkan (termasuk juga dokumen-dokumen tertulis lain). Anda dapat pula menyiapkan pas foto 2 x 3 dan 3 x 4 minimal 10 lembar dengan latar belakang putih untuk kepentingan registrasi pada saat tiba di kampus tujuan. Simpanlah dokumen-dokumen ini dalam satu file dan ditaruh di bagasi yang aman.

 

  1. Apakah harus menyiapkan kartu ATM bank Indonesia?

Kartu ATM harus disiapkan untuk kepentingan mengambil uang. Buatlah kartu ATM di bank dengan fasilitas internet banking (misalkan: Bank Mandiri, BCA atau BNI) dan jangan lupa pula untuk mengaktifkan fasilitas internet banking agar anda dapat melihat setiap saat posisi saldo dan transaksi anda. Disarankan agar anda memiliki lebih dari satu account di bank yang berbeda, untuk berjaga-jaga apabila ada kartu ATM yang hilang atau tidak dapat digunakan. Harap diperhatikan agar anda menjaga dengan baik kartu ATM tersebut. Apabila anda termasuk orang yang teledor, lebih baik buatlah kartu ATM atas nama keluarga anda di Indonesia (orang tua atau saudara), karena akan mempermudah anda untuk pengurusan kartu ATM apabila hilang. Mengurus kartu ATM yang hilang adalah proses yang memakan waktu lama. Pilihan lain anda dapat membuat account dan kartu ATM di Bank Rusia, misalnya bank terbesar Rusia SBERBANK.

 

  1. Di mana kartu ATM bank Indonesia tersebut digunakan ? adakah biaya potongan ?

Kartu ATM tersebut dapat digunakan di mesin ATM berlogo VISA atau MASTER CARD. Terdapat biaya potongan. Untuk kartu ATM VISA sebesar Rp. 20.000,- dan kartu ATM MASTER CARD sebesar Rp. 25.000,-. Untuk kartu ATM bank Rusia tidak kena biaya potongan, apabila menggunkan mesin ATM bank yang sama.

TIPS: Periksalah selalu internet banking account anda setiap melakukan transaksi penarikan uang tunai untuk memonitor apakah jumlah uang yang ditarik dan potongannya sudah benar. Apabila mencurigakan, segera blokir kartu anda.

 

  1. Berapa jumlah uang cash yang dibawa dan dalam mata uang apa ?

Uang Cash yang dibawa disarankan dalam mata uang US Dollar. Anda dapat menukarkan nanti di Money Changer di tempat transit atau langsung di Rusia dalam mata uang Rubel. Untuk awal bawalah uang cash sejumlah USD. Uang tersebut anda akan gunakan untuk pembelian tiket pesawat/kereta api dari Moscow menuju ke kota tujuan anda, registrasi, pembayaran asrama, asuransi, dan lain sebagainya berkaitan dengan pengeluaran awal di kampus. Selebihnya simpanlah di account bank anda.

 

BARANG KEBUTUHAN PRIBADI

 

  1. Pakaian apa saja yang musti dibawa ?

Pakaian yang musti dibawa terutama adalah pakaian musim dingin, antara lain : jaket, mantel, sweater, syal, sarung tangan, penutup kepala (kupluk), penutup telinga, long john, kaos kaki dan sepatu musim dingin. Untuk jaket disarankan beli jaket bulu angsa yang tahan suhu minus 30, sweater dan penutup kepala disarankan mengandung minimal 50% wol, karena bahan akrilik walaupun kelihatan tebal dan hangat tetapi tidak melindungi di suhu minus. Khusus untuk sepatu disarankan yang berbahan dalam wol, tidak mengandung bahan metal dan alas kaki bukan karet yang lentur, karena licin. Apabila kriteria sepatu sulit didapat, khususnya sepatu wanita, dapat dibeli begitu tiba di Rusia, begitu juga pakaian musim dingin lain.

 

  1. Dimana pakaian musim dingin dapat dibeli di Jakarta dan sekitarnya?

Tempat penjualan pakaian musim dingin di Jakarta yang paling dikenal adalah Pasar Pagi dan ITC Mangga Dua. Tempat perbelanjaan grosir lainnya juga ada yang menjual, namun pilihan tidak sebanyak di Mangga dua. Lokasi penjualan lainnya yang terdekat di Jakarta adalah di Bandung.

 

  1. Pakaian musim panas apakah musti dibawa ?

Bawalah secukupnya asalkan tidak membebani kapasitas bagasi anda. Utamakan pakaian musim dingin.

 

  1. Apakah perlu membawa obat-obatan pribadi ?

Apabila anda memiliki penyakit pribadi lebih baik membawa sendiri obat-obatan pribadi. KHUSUS mengenai obat-obatan tradisional, seperti: minyak kayu putih, balsam gosok, minyak angin, minyak tawon, dll, bisa dibawa, namun harus mempertimbangkan batasan maksimal bagasi untuk barang cair/gel yang dipersyaratkan maskapai penerbangan/bandara Internasional (carilah tau informasi mengenai hal ini di website masing-masing penerbangan).

 

  1. Perlengkapan mandi,cuci dan rias pribadi apakah perlu dibawa?

Silahkan bawa secukupnya paling tidak sampai dengan sebulan anda berada di Rusia. Jangan berlebihan, karena barang-barang tersebut ada juga di Rusia. Kecuali bagi anda yang memiliki sensitivitas kulit terhadap produk tertentu, silahkan membawa produk tersebut namun harus dipertimbangkan pula batasan maksimal bagasi untuk barang cair/gel yang dipersyaratkan maskapai penerbangan/bandara.

 

  1. Apakah Perkakas dan alat elektronik untuk masak dan mencuci musti dibawa? Kalau ia Apa saja yang musti dibawa?

Disarankan untuk TIDAK MEMBAWA perkakas dan alat elektronik untuk memasak dan mencuci, kecuali RICE COOKER (ukuran kecil). Semua dapat dibeli di Rusia atau join dengan teman sekamar (harus dikomunikasikan terlebih dahulu). Rice cooker  sebenarnya juga dijual di Rusia, tapi kalau bawanya dari Indonesia – langsung bisa masak sendiri setiba di asrama. Pertimbangkan kapasitas bagasi anda.

TIPS : Apabila ada mahasiswa Indonesia di kota tujuan, bertanyalah tentang hal ini. Karena ada beberapa asrama yang tidak mengizinkan untuk memasang perangkat elektronik pemanas, termasuk rice cooker.

 

 

  1. Perlukah membawa buku ?

Pada dasarnya pada saat kuliah anda akan diberikan buku teks dan itu semua dalam Bahasa Rusia yang tidak bisa didapatkan di Indonesia. Bawalah secukupnya buku yang berkaitan dengan subjek/bidang ilmu anda yang benar-benar dianggap perlu ataupun buku fiksi dengan catatan tidak membebani kapasitas bagasi.

 

  1. Apakah perlu membawa makanan? Makanan seperti apa yang bisa dibawa ?

Membawa makanan bukanlah prioritas, apalagi kalau itu membebani kapasitas bagasi anda. Bawalah makanan yang bisa awet dan dipanaskan SECUKUPNYA (rendang, tempe orek, dsb) dan mie instant paling tidak untuk seminggu anda berada di Rusia sambil beradaptasi untuk memasak makanan sendiri. Lebih diutamakan membawa bumbu, bahan atau penyedap masakan seperti point dibawah.

 

  1. Apakah perlu membawa bumbu, bahan atau penyedap masakan ?

Disarankan untuk membawa bumbu masakan, bahan atau penyedap masakan instant, terutama untuk masakan Indonesia secukupnya untuk ± 1 bulan ke depan sambil beradaptasi dengan bumbu, bahan atau penyedap masakan yang dijual di Rusia.  Ingatlah bumbu masakan yang anda suka mungkin tidak dijual di Rusia. Apabila dirasa kurang untuk berikutnya bumbu, bahan atau penyedap masakan dapat dikirim dari Indonesia.

 

  1. Perlukah membawa souvenir?

Sangat perlu. Di Rusia menjadi suatu kebiasaan untuk memberikan hadiah sebagai ungkapan terimakasih atau merayakan hari ulang tahun dan perayaan hari besar. Anda dapat memberikan souvenir itu kepada guru, teman-teman maupun pihak kampus.

 

INFORMASI dan KOMUNIKASI

 

  1. Setelah mendapat pengumuman apa yang harus dilakukan untuk memperoleh gambaran mengenai kota dan kampus tujuan?

Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai KOTA dan KAMPUS tujuan melalui internet. Saat ini hampir setiap universitas menyediakan informasi dalam Bahasa Inggris dalam websitenya. Informasi yang bisa diperoleh termasuk fasilitas kampus dan asrama, lokasi, foto-foto, informasi kegiatan, dsb. Semakin banyak anda browsing semakin banyak anda memperoleh gambaran tentang KOTA dan KAMPUS yang anda tuju.

TIPS: Apabila di kota yang anda tuju ternyata ada Mahasiswa asal Indonesia, berkenalan dan jalinlah hubungan dengan mereka melalui media sosial (facebook, twitter, skype, dsb.). Anda dapat bertanya kepada mereka tentang berbagai informasi. Penting untuk berkenalan dan menjalin hubungan karena merekalah ‘keluarga terdekat’ anda yang dapat menolong anda di kota tujuan.

 

  1. Bagaimana saya dapat berkomunikasi dengan keluarga selama perjalanan?

Alat komunikasi yang paling diandalkan adalah HP. Nomor anda akan terkena roaming begitu keluar dari wilayah Indonesia dan otomatis berdampak pada layanan ponsel atau tablet anda. Anda dapat menggunakan wi-fi hanya di tempat transit atau di airport kedatangan. Bagi anda yang melanjutkan perjalanan ke kota lain dengan kereta atau pesawat tidak tersedia fasilitas wi-fi tersebut. Begitu pula di asrama anda akan membutuhkan waktu paling cepat seminggu untuk memperoleh koneksi internet.

TIPS: isilah pulsa maksimal di nomor ponsel anda agar dapat berkomunikasi melalui SMS (telpon sangat mahal biaya roamingnya) sampai anda membeli nomor baru di Rusia. Apabila anda sudah tiba di asrama berkomunikasilah dengan teman sekamar atau tetangga untuk bisa mengakses fasilitas internet mereka untuk sekedar memberi kabar kepada keluarga.

 

PADA SAAT KEBERANGKATAN

 

Proses Check-in dan imigrasi di BANDARA dan tempat Transit

 

  1. Berapa berat total barang yang dibawa per individu ?

Barang yang dibawa terbagi menjadi dua. Barang bagasi dan kabin. Untuk berat bagasi bergantung kepada masing-masing maskapai penerbangan. Misalkan Qatar dan Etihad berat bagasi total 23 kg, Emirates dan Turkish airlines sebesar 30 kg. China Southern Airlines menizinkan bagasi dua kopor dengan berat total 46 kg. Sedangkan bagasi kabin beratnya 8 kg. Packinglah barang-barang anda agar tidak terjadi over.

 

  1. Apa yang terjadi kalau barang bagasi over ?

Anda harus membayar sendiri kelebihan berat tersebut (dihitung per kg). Besarnya biaya tergantung dari kebijakan masing-masing maskapai (harap lihat website masing-masing maskapai atau Tanya travel).

TIPS apabila anda merencanakan pergi berikutnya dari Moscow ke kota tujuan anda dengan menggunakan pesawat lain harap diperhatikan berat barang bagasi di maskapai penerbangan tersebut, agar anda tidak membawa berlebih barang yang anda bawa dari Indonesia (rata-rata beratnya sebesar 23 kg). kalau melanjutkan naik kereta tidak menjadi masalah.

 

  1. Barang apa saja yang dilarang untuk di bagasi maupun kabin ?

Dilarang membawa senjata tajam, senjata api dan spray di bagasi, sedangkan di kabin selain barang-barang yang telah disebutkan dilarang juga membawa cairan atau gel lebih dari…ml (silahkan lihat website masing-masing maskapai). Harap diperhatikan agar anda tidak repot membongkar barang pada saat di bandara.

TIPS untuk barang elektronik seperti Laptop, tablet dan charger harap dijaga dan disimpan dengan baik di kabin. Jaket, syal dan pakaian musim dingin yang anda akan gunakan setiba di Moscow simpanlah di tempat yang gampang diambil.

 

  1. Apa saja yang harus diperlihatkan pada saat check in ?

Paspor, tiket dan visa. Anda juga akan membayar biaya airport tax sebesar untuk penerbangan internasional. Apabila anda berangkat dengan rombongan bekerjasamalah dengan baik pada saat check in supaya saling membantu. Saat security check anda akan membuka sepatu, ikat pinggang, jam tangan, HP, kalung/gelang/cincin dan diletakkan ke suatu wadah bersamaan dengan seluruh isi kantong celana/baju untuk kemudian discan. Maka untuk membuat security check lebih lancar disarankan untuk tidak memakai ikat pinggang, kalung/gelang dan sebagainya  dan tidak memasukkan barang metalik ke dalam kantong.

 

  1. Apa saja yang harus diperlihatkan pada saat proses imigrasi ?

Paspor, Tiket dan Visa. Semuanya akan dicap bagian imigrasi. Sebelum anda memperlihatkan visa dan paspor anda harus mengisi form keberangkatan (lihat lampiran 1) untuk diserahkan ke petugas imigrasi. Harap disimpan dengan baik dokumen-dokumen tersebut setelah proses imigrasi.

 

  1. Berapa lama perjalanan Jakarta – Moscow ?

Itu tergantung maskapai penerbangan dan lamanya waktu transit. Bisa dari 15 jam sampai 25 jam.

 

 

  1. Apa yang dilakukan pada saat transit ?

Anda harus melewati bagian security check sebelum masuk ke ruang transit. Anda akan membuka sepatu, ikat pinggang, jam tangan, HP, kalung/gelang/cincin dan diletakkan ke suatu wadah bersamaan dengan seluruh isi kantong celana/baju untuk kemudian di scan. Setelah itu anda menuju ke GATE tempat pemberangkatan pesawat berikutnya menuju Moscow (Nomor Gate lihat di Screen informasi bandara. Perhatikan nomor penerbangan). Selama menunggu anda dapat belanja di duty free atau browsing, chatting dengan laptop atau gadget anda dengan memanfaatkan fasilitas wi-fi yang tersedia.

 

TIBA DI RUSIA

 

Di BANDARA

 

  1. Di bandara Moscow yang mana saya akan tiba ?

Apabila anda menggunakan maskapai ETIHAD, QATAR atau EMIRATES anda akan tiba di bandara Domodedovo. Apabila anda menggunakan maskapai TURIKISH anda akan tiba di bandara Vnukovo. Apabila menggunakan maskapai China Southern Airlanes anda akan tiba di bandara Sheremetyevo.

 

  1. Apa yang harus saya lakukan saat pertama kali tiba di bandara?

Yang harus anda ketahui adalah saat pertama kali anda tiba di Rusia, mayoritas petugas berbicara bahasa Rusia. Saat pertama kali anda keluar dari pesawat anda akan berjalan menuju bagian Imigrasi. Siapkan passport dan Visa anda. Setelah dicek oleh petugas anda akan mendapatkan Kartu IMIGRASI sebagai tanda bahwa anda telah terdaftar memasuki Rusia sesuai dengan tujuan anda (belajar). SIMPAN KARTU IMIGRASI ini dengan baik, JANGAN SAMPAI HILANG, karena kartu ini akan DIKEMBALIKAN pada saat anda pergi meninggalkan Rusia kemudian. Kartu ini juga akan diminta untuk difotocopy pada saat anda melapor di Universitas.

  1. Setelah di bagian Imigrasi apa yang harus saya lakukan ?

Pergilah mengambil bagasi anda. Lihatlah dengan baik barang-barang kepunyaan anda dan letakkan di troli.

TIPS : Apabila anda berangkat bersama rombongan, harus  saling mengontrol satu sama lain pada saat mengambil bagasi. Bila perlu di bandara tandai barang-barang anda dengan pita satu warna. Jangan keluar terlebih dahulu sampai seluruh bagasi rombongan anda (teman-teman anda) terkumpul.

 

  1. Apakah ada yang menjemput setiba anda di bandara ?

Berdasarkan pengalaman selama ini, jadwal keberangkatan anda akan dikomunikasikan oleh PKR kepada 3 pihak : Kementrian Pendidikan, Kedutaan Besar RI di Moscow dan Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia (PERMIRA). Perwakilan dari 3 pihak ini akan menjemput anda di bandara.

 

  1. Hal-hal apa saja yang akan disampaikan pihak Kementrian, KBRI dan PERMIRA saat di bandara ?

Anda akan bertemu mereka selepas mengambil bagasi. Pihak kementrian akan memberikan anda SURAT JALAN (NAPRAVLENIYA) yang akan anda serahkan ke kampus tujuan anda nantinya. Jaga dengan baik surat jalan tersebut dan jangan sampai hilang. Apabila anda dalam rombongan, anda kemudian akan dikumpulkan berdasarkan kota-kota tujuan selanjutnya. Setelah itu Pihak KBRI dan PERMIRA akan memberikan briefing singkat sebelum anda berpisah satu sama lain. Setelah briefing anda akan dibimbing ke tempat pemberangkatan selanjutnya. Biasanya ada dua transportasi yang digunakan untuk mengantar anda ke kota tujuan selanjutnya, yaitu: pesawat dan kereta. Apabila menggunakan pesawat maka anda akan dibimbing untuk membeli tiket sekaligus mengarahkan anda untuk check in. Apabila menggunakan kereta, anda akan dibimbing menuju stasiun kereta. Sedangkan bagi teman-teman yang akan berkuliah di Moscow, anda akan diantarkan langsung menuju kampus. Ketiga pihak akan mendampingi anda dalam proses tersebut.

TIPS : Siapkan uang anda untuk biaya tiket pesawat/kereta. Uang anda akan diminta untuk membeli tiket. Besaran harga tiket berbeda-beda tergantung jarak kota tujuan anda selanjutnya.  Apabila anda sudah bisa sedikit berbahasa Rusia, bisa cari info harga tiket di situs utama transportasi Rusia  http://www.tutu.ru/ Situs itu juga digunakan untuk membeli tiket on-line dengan kartu ATM.

 

  1. Apakah saya perlu membeli nomor telepon Rusia begitu saya di bandara ?

Buat anda yang kuliah di Moscow tidak perlu membeli nomor di bandara. Nanti saja. Bagi anda yang akan melanjutkan ke luar kota boleh saja membeli nomor untuk mempermudah berkomunikasi dengan pihak PERMIRA atau KBRI. Apabila anda berangkat dalam rombongan, cukup satu orang saja yang menyimpan nomor tersebut. Anda harus ketahui bahwa sistem roaming berlaku di Rusia untuk nomor telepon. APabila anda keluar Moscow maka nomor telpon anda akan terkena roaming. Oleh sebab itu lebih baik membeli nomor di kota tujuan anda saja. Catatan – harga nomor di bandara sama seperti di kota.

 

 

 

 

 

Melanjutkan perjalanan ke kota tujuan

 

  1. Bagi anda yang akan pergi ke kota tujuan dengan kereta hal-hal apa yang harus anda siapkan sebelum menaiki kereta ?

Yang harus anda ketahui bahwa perjalanan kereta tersebut adalah perjalanan jarak jauh (antara 10 – 24 jam). Jadi anda akan bermalam di kereta tersebut bersama dengan orang-orang Rusia. Setelah membeli tiket, yang harus anda lakukan adalah mengetahui dengan baik informasi di tiket tersebut (tanggal dan jam berangkat, nomor gerbong, nomor tempat tidur/kursi, tanggal dan jam tiba, stasiun tujuan), tentunya setelah pihak Kementrian, KBRI, atau PERMIRA membelikan anda tiket (tiket kereta lihat lampiran….). Setelah itu anda harus membeli makanan ringan dan minuman (roti, air mineral, mie instant, teh) untuk keperluan anda di perjalanan.

  1. Setelah menaiki kereta apa yang harus dilakukan?

Kereta jarak jauh di Rusia memiliki beberapa kompartemen di dalam satu gerbong. Satu kompartemen terdiri dari 2 set tempat tidur bertingkat dengan posisi melintang dan 1 set tempat tidur memanjang. Anda harus mengetahui posisi tempat tidur anda. Dimanapun posisinya anda akan bertemu dan berinteraksi dengan sesama penumpang yang adalah orang Rusia. Saat kereta jalan anda akan menerima satu paket berisi seprei, sarung bantal, sarung selimut dan handuk kecil. Anda harus merapikan kasur, bantal dan selimut anda sendiri yang biasanya sudah terletak di atas tempat tidur anda dan menutupnya dengan sarung. Setelah itu anda bisa tidur, duduk atau bermain gadget.

TIPS : Apabila anda berada di bagian atas otomatis anda harus memanjat naik-turun, maka sebisa mungkin itu dilakukan tidak mengganggu yang dibawah anda. Sediakanlah buku bacaan atau isi penuh baterai gadget anda agar anda tidak bosan.

 

  1. Bagi anda yang akan pergi ke kota tujuan dengan kereta hal-hal apa yang harus anda siapkan sebelum menaiki kereta ?

Menaiki kereta tidak serumit naik pesawat, namun jelas harga tiketnya lebih tinggi. Anda cukup membeli tiket, check in dengan memperlihatkan tiket dan paspor kepada petugas gerbong dan menjalani tahapan-tahapan seperti anda menaiki kereta pada umumnya.

 

  1. Apa yang harus dilakukan setiba di Stasiun/airport tujuan ?

Pihak kementrian biasanya mengkomunikasikan dengan kampus tujuan perihal kedatangan anda. Pihak kampus tersebut akan menjemput anda dan mengantar anda menuju asrama. Apabila ada Mahasiswa Indonesia lain yang telah kuliah di kota tujuan anda, PERMIRA akan berkomunikasi dengan mereka untuk menjemput anda pula.

 

Registrasi dan Urusan awal pendaftaran

 

  1. Apa yang harus saya lakukan untuk melakukan proses registrasi ?

Setelah anda tiba, keesokan harinya anda akan bertemu dengan pihak kampus (bagian kemahasiswaan asing) untuk mengurus registrasi. Di bagian ini anda harus menyerahkan surat jalan, fotocopy passpor, visa, kartu imigrasi dan membayar izin tinggal selama setahun sebesar 200 rubel. Biasanya proses ini anda akan ditemani oleh teman senegara anda atau kalau tidak ada oleh mereka yang bisa berbahasa Inggris (baik sesama mahasiswa asing atau dari pihak kampus). Proses ini akan anda lakukan setiap tahun apabila anda ingin memperpanjang Visa. Setelah Itu anda akan mendapat kertas registrasi (izin tinggal). Kertas tersebut diperpanjang bersamaan dengan perpanjangan visa. Kertas tersebut harus anda JAGA bersamaan dengan paspor, visa dan Kartu Imigrasi sebagai dokumen diri anda selama berada di Rusia. Jaga baik kertas izin tinggal.

 

  1. Bagaimana dengan Urusan asrama? Apa yang harus saya lakukan?

Setelah proses mengurus registrasi. Anda akan mengurus izin tinggal di asrama. Di sini anda akan dibimbing untuk mengisi beberapa dokumen dan membayar biaya asrama selama setahun. Besaran biaya asrama bergantung kepada masing-masing universitas.

TIPS: apabila anda memiliki uang dalam bentuk dollar tukarlah terlebih dahulu dengan meminta bantuan teman atau orang yang mendampingi anda.

 

  1. Apakah saya akan mendapat kamar begitu saya membayar asrama? Bagaimana keadaan kamar secara umum?

Ada beberapa macam penempatan anda di asrama bergantung kepada setiap universitas. Ada yang langsung memberikan anda kamar permanen, ada yang pula mewajibkan anda tinggal di kamar karantina sampai proses awal pendaftaran mahasiswa baru selesai lalu memberikan anda kamar permanen. Setiap kamar anda mendapatkan fasilitas standart satu tempat tidur, bantal, kasur (dengan selimut, sarung bantal dan seprei) satu meja dan lemari yang digunakan bersama-sama. 1 kamar asrama dihuni oleh 2-4 orang bergantung pada masing-masing asrama. Teman sekamar anda bisa saja mahasiswa yang lebih senior, sesama mahasiswa baru yang berasal dari negara dan latar belakang yang berbeda. Fasilitas lainnya anda bisa tambahkan tentunya dengan seizin pihak asrama dan teman-teman sekamar anda. Asrama biasanya menerapkan larangan untuk tidak menggunakan alat pemanas di kamar (bergantung pada masing-masing asramanya).

TIPS: Bersosialisasilah dengan teman-teman sekamar anda tersebut, karena anda akan hidup tinggal dengan mereka. Perbedaan latar belakang dan budaya jelas akan menimbulkan perbedaan sikap, tingkah laku bahkan perbedaan-perbedaan. Berusahalah untuk berkomunikasi dengan baik antar teman sekamar.

 

  1. Fasilitas apa saja yang ada pada umumnya di tiap asrama ?

Dalam satu koridor setiap asrama secara umum terdapat dapur, ruang cuci dan toilet yang digunakan bersama-sama dengan penghuni satu koridor. Posisi kamar mandi berbeda-beda tergantung pada masing-masing asrama. Ada yang menyatu dengan kamar, ada yang membaginya berdasarkan blok dan ada yang hanya menyediakan satu kamar mandi untuk digunakan bersama-sama. Untuk fasilitas internet anda harus membayar terpisah dan sistemnya berlangganan per bulan.

 

  1. Proses apa lagi yang anda wajib lakukan setelah registrasi dan urusan asrama? Apakah saya langsung bisa kuliah bahasa?

Anda harus melakukan proses pemeriksaan kesehatan. Proses pemeriksaan kesehatan ini meliputi rontgen paru-paru, tes narkoba, tes hepatitis dan HIV (variasinya bergantung setiap universitas) tes umum darah, pemeriksaan dokter umum dan khusus seperti dokter gigi, mata dll. Tes ini sangat menentukan apakah anda boleh melanjutkan pendidikan atau tidak. KEGAGALAN TES KESEHATAN DAPAT BERESIKO ANDA DIPULANGKAN. Selain tes keshatan anda juga diharuskan membeli asuransi kesehatan sebagai jaminan kesehatan anda besarannya bergantung pada masing-masing Universitas. Setelah anda menjalankan semuanya dan lulus tes kesahatan, maka anda dapat melanjutkan untuk belajar di Fakultas Persiapan.

TIPS: walaupun persyaratan pengajuan beasiswa mewajibkan anda tes narkoba dan HIV, lebih baik anda melakukan check-up menyeluruh agar anda mengetahui kondisi penyakit anda. Selain masalah narkoba dan HIV kondisi kesehatan lain yang berkaitan dengan sistem pernapasan sangat diperhatikan (misalkan TBC, flu, dsb).

 

  1. Bagaimana kondisi umum belajar di Fakultas persiapan ?

Anda akan dimasukkan kedalam grup yang berisi mahasiswa asing dari negara lainnya. Pada awalnya anda akan belajar Bahasa Rusia dari dasar, lalu selanjutnya anda akan diberikan materi pelajaran-pelajaran dasar dalam bahasa Rusia bergantung pada bidang ilmu yang akan anda ambil kemudian (misalnya Fisika, Kimia, matematika untuk yang mengambil jurusan Ilmu Teknik, dan MIPA atau Ekonomi, Sosiologi, kulturologi, filosofi untuk yang akan mengambil jurusan sosial dan ekonomi). Ujian akan dilakukan dua kali di akhir semester awal (Januari dan Februari) maupun semester akhir (Juni). Anda harus menyelesaikan ujian tersebut sebagai SYARAT untuk melanjutkan pendidikan ke perkuliahan reguler di tahun berikutnya.

 

  1. Kalau saya ingin membeli nomor telpon Rusia? Apakah ada persyaratan?

Anda dapat membeli nomor telpon dengan berbagai macam provider, antara lain : МТС (MTS) atau билайн (beeline). Khusus untuk pengguna gadget blackberry anda hanya dapat membeli nomor MTS dan harus datang ke konter utama MTS di setiap kotanya untuk mengaktifkan layanan blackberry internet service. Setiap anda akan membeli nomor akan diminta paspor atau visa anda untuk diinput dalam data mereka.

 

  1. Bagaimana cara membeli pulsa telpon ?

Anda dapat menggunakan mesin pengisian pulsa yang terdapat di sepanjang jalan, gedung kampus atau asrama. Caranya mudah hanya dengan memasukkan nomor telpon dan uang anda ke dalam mesin. Untuk awal mintalah bantuan teman anda.

 

  1. Bagaimana caranya untuk mengambil uang di ATM? Apakah saya bisa membuat account di Bank Rusia?

Anda bisa mengambil uang di ATM mana saja yang berlogo VISA atau MASTERCARD tentunya disesuaikan dengan kartu ATM yang anda bawa. Anda bisa juga membuat account di Bank Rusia dan mendapatkan ATM dengan memperlihatkan identitas pribadi anda dan menandatangani permohonan di Bank yang anda inginkan.

 

  1. Di mana saya ingin belanja kebutuhan sehari-hari pada awal kedatangan ?

Anda bisa pergi ke Hypermarket, Supermarket dan Minimarket pada umumnya untuk berbelanja kebutuhan awal anda. Bagi yang belum bisa berbahasa rusia tidak perlu khawatir karena anda cukup bayar dikasir saja. Mintalah bantuan teman sekamar anda apabila anda seorang diri.

 

  1. Berapa total biaya perkiraan yang dibutuhkan untuk mengurus segala proses registrasi dan penyesuaian di awal-awal termasuk belanja kebutuhan pribadi?

Biaya penjemputan, transportasi dari airport ke tempat tujuan dan registrasi paspor +/-300USD (kecuali untuk kota-kota tertentu di selatan dan timur Rusia). – Medical check-up di Rusia +/- 250USD. – Uang saku untuk pengeluaran pribadi +/-350USD/bulan; pembuatan visa dan polis asuransi +/-300USD/tahun. – Biaya sewa asrama mahasiswa (+/- 300USD/tahun).

TIPS pengeluaran anda di 1-3 bulan pertama akan besar untuk membeli berbagai kebutuhan terutama bagi anda yang belum terbiasa berbelanja dan menyiapkan makanan sendiri. Setelah itu anda dapat menghitung sendiri besaran pengeluaran anda perbulan untuk dapat berhemat. Ditambah pula biaya hidup setiap kota tidaklah sama.

 

 

Umum

 

  1. Perlukah saya melapor kepada pihak KBRI ?

Perlu. Bagi anda yang kuliah di Moskow anda dapat mendatangi langsung bagian konsulat di KBRI Moscow. Bagi anda yang berada di daerah anda dapat mengisi secara online melalui situs KBRI Moscow dan apabila ada kesempatan ke Moscow anda bisa menandatangi juga bagian konsulat tersebut. Setelah melapor anda akan diberikan kartu putih.

 

  1. Apakah ada organisasi yang menaungi Mahasiswa Indonesia di Rusia?

Ada. Namanya Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia (PERMIRA). Disarankan untuk menjalin kekerabatan sesama mahasiswa Indonesia baik sesama angkatan (mulai di Indonesia), satu kota maupun antar kota dalam organisasi PERMIRA. Kekerabatan dapat membantu anda untuk berbagi masalah dan mencari jalan keluar sebagai sesama mahasiswa asal Indonesia.  Situs resmi  PERMIRA  http://ppi-rusia.org/wordpress/

 

  1. Apakah keluarga di Indonesia dapat mengirim barang?

Bisa. Pengalaman mahasiswa selama ini mereka menerima atau mengirim barang melalui Kantor Pos (EMS) dengan harga terjangkau bergantung kepada isi dan berat barang. Paket kiriman lainnya pun bisa digunakan.

 

  1. Selain belajar dan berorganisasi di PERMIRA, partisipasi dalam kegiatan apa lagi yang dapat saya ikuti?

Jelas anda bisa berpartisipasi dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler di kampus sejauh mana anda memiliki waktu luang dan bersosialisasi. Di setiap kampus biasanya bagi mahasiswa baru maupun pada event-event perayaan tertentu ada pertunjukan seni dan olahraga yang melibatkan anda sebagai mahasiswa asing. Anda dapat berpartisipasi di dalamnya

TIPS: sebaiknya anda melengkapi skill anda dengan skill kesenian (tarian, nyanyian atau bermain alat musik) atau olahraga. Jangan takut untuk tampil karena Orang Rusia sangat menghargai penampilan yang anda akan perlihatkan dan tidak jarang memberikan pujian.

 

  1. Bolehkah saya bekerja selama saya kuliah di Rusia atau pada saat libur ?

Yang jelas peraturan Pemerintah Rusia sampai saat ini belum mengizinkan anda untuk belajar sekaligus bekerja.

Selamat menikmati waktu belajar di Rusia.

Beasiswa

Leave a Reply