Mengenal Lebih Dekat Pulau Dewata

24May 2015
by PERMIRA RUSIA

Penulis adalah Dodi Aloga
salah satu anggota PERMIRA PUSAT dari Bidang Seni, Budaya, dan Olahraga

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki begitu banyak adat istiadat atau kebudayaan, suku dan kepulauan. Hal itu begitu menarik dimata wisatawan mancanegara, tak terkecuali warga negara Rusia dimana tempat kita menempuh pendidikan saat ini. Selain itu, pengaruh letak secara geografis keberadaan Indonesia berada pada garis khatulistiwa dengan iklim tropisnya yang menjadikan Indonesia sebagai negara yang cukup hangat.

Begitu banyak objek wisata yang menjadi tujuan para wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia, salah satu yang paling terkenal adalah Pulau Dewata atau Bali dengan ibu kota provinsi Denpasar. Bali sangat terkenal dengan keindahan pulaunya yang didukung oleh kekhasan budayanya, serta hamparan pantai yang membentang luas.

Mungkin ada banyak kemiripan tentang ajaran Hindu dan hamparan pantai yang membentang luas nan indah seperti di Bali, akan tetapi tidak untuk kebudayaanya. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, seperti sistem agama, politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Budaya Bali adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki oleh masyarakat Bali dan diwariskan dari generasi ke generasi. Meskipun begitu, Bali tetaplah sebagai provinsi maju di Indonesia yang mengalami perubahan dari Bali kuno menjadi Bali modern yang kita kenal saat ini. Seiring berjalannya waktu banyak unsur kekhasan kebudayaan Bali yang mulai terkikis dan menghilang.

Baca selengkapnya di Suara Indonesia Edisi III Mei 2015

Artikel Lepas, Berita dan Artikel, Periode 2014-2015, Suara Indonesia

Leave a Reply