Aucute Leukimia (dr. Steven Guntur)

25May 2015
by PERMIRA RUSIA

Pada bulan Februari 2015, saya mewakili St.Petersburg State Pediatric Medical University (SpbGPMU) untuk menghadiri Simposium Acute Leukemia XV di Munich, Jerman, yang diadakan setiap 2 tahun dengan partisipan semua Hematolog dan Onkolog ternama dari seluruh dunia, termasuk penemu Philadelphia Chromosome, Prof.Clara Bloomfield (USA), dan Prof.Albert de la Chapelle (Finland), penemu XX Male Syndrome.

Setiap hari saya bertugas di Rumah Sakit Pemerintah No.31, bagian dari Universitas SPBGPMU di Departmen Onkologi, dikepalai oleh Profesor DR. Margarita Belogurova, yang sering terlibat dalam penelitian dan penulisan Protokol Penatalaksanaan Kemoterapi di Eropa dan Rusia. St.Petersburg State Pediatric Medical University adalah Universitas Kedokteran Anak tertua di dunia (berdiri tahun 1925) dan satu-satunya Universitas Kedokteran Anak di Russia. (Минздрава России, 2009)

Beberapa kriteria harus dipenuhi sebelum berpartisipasi dalam Simposium, seperti mampu menggunakan dan mengkalkulasi Protokol Penatalaksanaan Kemoterapi, mampu menangani komplikasi pre- dan post-kemoterapi, dan menguasi biologi dan genetika onkologi (tumor jinak dan ganas) serta targeted-therapy berbasis gen yang pada akhirnya menjadi hot topic pada symposium tahun ini.

Baca Selengkapnya di Suara Indonesia Edisi III Mei 2015

Berita dan Artikel, Pelajar Pejuang, Periode 2014-2015, Suara Indonesia

Leave a Reply